Muktamar ke 3 LIDMI kali ini ada sesi dialog bersama inisiator LIDMI. Sesi ini mengingatkan kami ketika awal-awal merintis dakwah manhaj salaf di kampus UIN Alauddin Makassar. Ketika tahun 2007 pertamakali menyandang status sebagai mahasiswa. Sambil merintis itu kami dipertemukan senior Perintis LIDMI adalah Sudir Koadhi, Abdul Malik, Abdul Kadir, Zulfikar dan Sabaruddin Samsir yang waktu itu masih berstatus mahasiswa. Dan dalam perintisan ini Mahasiswa didampingi oleh Ust. Ismail Rajab dan Ust. Syamsuddin La Hanafi.

Melalui musyawarah Temu Nasional Aktivis Dakwah Kampus disepakatilah Nama lembaga Yaitu Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia yang disingkat LIDMI, ketika masih memakai struktur sistem paguyuban (2007-2015) lalu di 2015 di adakan muktamar pertama LIDMI berubah menjadi struktur kelembagaan tersendiri (2015-2020 sampai sekarang).

Dalam dakwah haruslah konsisten, jangan hanya saat kita jadi mahasiswa kita berdakwah. Bukankah amalan yang paling di cintai adalah konsisten dalam beramal. Terus menerus berjuang walaupun tidak banyak kontribusi yang bisa di berikan. Amalan yang kontinyu itu penting untuk menjaga ke istiqamah dalam dakwah.

Amalan yang sedikit tetapi kontinu akan mencegah masuknya virus ”futur” (jenuh untuk beramal). Jika seseorang beramal sesekali namun banyak, kadang akan muncul rasa malas dan jenuh. Sebaliknya jika seseorang beramal sedikit namun ajeg (terus menerus), maka rasa malas pun akan hilang dan rasa semangat untuk beramal akan selalu ada. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk beramal yang penting kontinu walaupun jumlahnya sedikit. Kadang kita memang mengalami masa semangat dan kadang pula futur (malas) beramal. Sehingga agar amalan kita terus menerus ada pada masa-masa tersebut, maka dianjurkanlah kita beramal yang rutin walaupun itu sedikit

Barakallahufikum.. para inisiator LIDMI yang hadir dalam muktamar LIDMI. Teruslah konsisten dalam perjuangan ini. Bagi para aktivis dakwah seluruh Indonesia, mari Berkomitmen secara konsisten untuk berdedikasi dalam perjuangan dakwah.

Penulis: Abid Fauzan (Ketua Umum FSDI Periode 2008-2009 / Pembina LKA MPM UINAM 2011-2012)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here